Pelatihan Aerial Videography: Meningkatkan Kemampuan Tim Dokumentasi di Pondok Pesantren Ahlul Muqorrobin

Eli Pujastuti
2 min readJan 11, 2024
latihan beberapa teknik pengambilan gambar dan teknik rescue.

Pondok Pesantren Ahlul Muqorrobin, yang terletak di Desa Pleset, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi, menjadi saksi pelaksanaan pelatihan Aerial Videography pada tanggal 7 Januari 2024, mulai pukul 10.00 hingga 12.30. Kegiatan ini diselenggarakan khusus untuk Tim Dokumentasi Ahlul Muqorrobin, yang terdiri dari enam orang peserta dengan tagline #KoncoMabur. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dari Tim Dosen Universitas Amikom Yogyakarta.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tim dalam pengoperasian drone untuk keperluan dokumentasi. Dalam kurikulumnya, kegiatan ini menyajikan kombinasi antara teori dan praktek untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada peserta.

Dengan keterbatasan peralatan, para peserta secara bergantian terlibat dalam sesi praktek. Hal ini dimaksudkan agar setiap anggota tim memiliki kesempatan yang sama untuk memahami dan menguasai penggunaan drone. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada peserta, sehingga mereka dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam situasi nyata.

Materi Pelatihan:

Teori Aerial Videography: Peserta diperkenalkan pada dasar-dasar pengoperasian drone, konsep fotografi udara, dan teknik pengambilan gambar dari ketinggian.

Praktek Pengoperasian Drone: Peserta secara langsung terlibat dalam pengoperasian drone. Mereka mempraktikkan pengendalian, navigasi, dan pengambilan gambar dengan bantuan fasilitator yang berpengalaman.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan variasi dalam konten dokumentasi yang dihasilkan oleh Tim Dokumentasi. Dengan adanya footage udara, peserta diharapkan dapat menciptakan konten yang lebih menarik dan inovatif untuk media sosial. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan anggota Tim Dokumentasi dalam menggunakan teknologi drone. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat menyajikan dokumentasi yang lebih berkualitas dan menarik.

Hasil dan Harapan:

Melalui pelatihan ini, diharapkan bahwa Tim Dokumentasi Ahlul Muqorrobin dapat memberikan kontribusi yang lebih beragam dan profesional dalam mendokumentasikan kegiatan pondok pesantren.

Dengan tagline #KoncoMabur, Tim Dokumentasi Ahlul Muqorrobin semakin siap menghadapi tantangan baru di era digital dengan kemampuan Aerial Videography yang mereka peroleh melalui pelatihan ini.

--

--

Eli Pujastuti

Startup Ecosystem Builder || Managing ABP Startup Incubator — Learning and Growth Department || Researcher